Senin, 10 Mei 2010

Sabar menikmati proses

Sabar dan menikmati proses.
Sesungguhnya hanya orang-orang yang Bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas (QA: az –Zumar:10)

Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan ,”Inna lilaahi wa inna ilaihi raji’uun” (Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNyalah kami kembali).
Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka , dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.
(QS: Al Baqarah :156-157)


Sebagaimana kita tahu bahwa segala hal di dunia ini membutuhkan waktu untuk proses. Kenapa semuanya harus berproses, karena dari proses yang berjalan itulah kita akan menemukan banyak sekali pembelajaran, pengalaman, dan hikmah.

Maka ketika menetapkan suatu tujuan bersabarlah dalam proses, sabar disini mengandung maksud sebagai tekun, konsisten, istiqomah, dan persisten.
Kita harus tetap focus pada tujuan, tidak gonta-ganti keinginan, menekuni setiap langkah yang harus diambil, mengadakan koreksi dan evalusai di setiap tindakan, memberikan umpan balik yang diperlukan, dan melakukan secara terus menerus (istiqomah) sampai tujuan tersebut tercapai.

"Kesabaran adalah kekuasaan.
Pergunakanlah untuk memupuk semangat, meredakan kemarahan, meredam angkara murka, mengubur rasa iri, menekan kesombongan, menahan lidah, mengekang tangan, sampai tiba waktunya Anda memanen seluruh hasilnya.
- Og Mandino.


Sabar disini kaitannya dengan pemanfaatan waktu yang effective. Bukannya sabar dalam arti kata Cuma menunggu keajaiban yang tiba – tiba datang.
Kalau manusia sering bersumpah demi “Allah” untuk hal-hal yang serius, Maka untuk suatu yang serius Allah sering bersumpah “Demi Masa” atau demi waktu. Ya.. waktu kita terbatas, kita tidak tahu sampai dimana waktu kita berakhir.Kita gunakan waktu untuk berproses .

Maka jangan sampai menunda sampai besok, apa yang bisa anda kerjakan hari ini. Hematlah waktu anda untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Maksimalkan waktu anda, setiap menit, setiap detik.
Konsentrasilah terhadap apa yang anda lakukan, sadarilah keberadaanya maka anda akan dibuat lebih efektif menggunakan waktu.
Putuskan hari ini. Yaa. Selalu hari ini. Kemarin adalah masa lalu, yang tidak bisa kita ulang lagi, Besok adalah masa depan yang kita tidak tahu apa yang akan terjadi, kita masih hidup atau tidak. Selalu pikirkan hari ini, untuk kehebatan masa depan anda entah masa depan itu kapan tetapi bertindaklah hari ini.

Mereka yang terbiasa mengatur wakunya dengan baik, untuk hal-hal bermanfaat mengembangkan diri dan prestasinya maka akan lebih bisa menghemat uang, lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga atau komunitas yang berharga untuk dirinya.

Jam terus berdetak.
Gunakan waktu anda sebaik-baiknya.
Agar tahu pentingnya waktu SETAHUN,
tanyakan pada murid yang gagal kelas.
Agar tahu pentingnya waktu SEBULAN,
tanyakan pada ibu yang melahirkan bayi prematur.
Agar tahu pentingnya waktu SEMINGGU,
tanyakan pada editor majalah mingguan.
Agar tahu pentingnya waktu SEJAM,
tanyakan pada kekasih yang menunggu untuk bertemu.
Agar tahu pentingnya waktu SEMENIT,
tanyakan pada orang yang ketinggalan pesawat terbang.
Agar tahu pentingnya waktu SEDETIK,
tanyakan pada orang yang baru saja terhindar dari kecelakaan.
Agar tahu pentingnya waktu SEMILIDETIK, tanyakan pada peraih medali perak Olimpiade.
Renungan:
Hargailah setiap waktu yang anda miliki.
Dan ingatlah waktu tidaklah menunggu siapa-siapa.

Wisdom Of The Day :
Sahabat paling baik dari kebenaran adalah waktu, musuhnya yang paling besar adalah prasangka, dan pengiringnya yang paling setia adalah kerendahan hati.
(Caleb Charles Colton)


Kaitannya sabar dengan waktu adalah ketika kita berproses, maka kesuksesan hanyalah soal waktu, dan jika kita melewatkan waktu begitu saja untuk hal yang kurang manfaat tetapi terburu-buru untuk mendapatkan hasil maka waktu suksespun tidak akan pernah menghampiri kita.

Mulai sekarang isilah waktu anda dengan hal-hal positif saja, kurangi waktu nonton segala tayangan , sinetron, infotainment atau berita-berita negative, Efeknya perlahan namun pasti akan menggerogoti waktu anda menjadi hal yang sia-sia.
Gunakan untuk kreatifitas atau aktifitas yang membuat anda lebih berharga dan bermakna. OK?

Dan akhirnya saya teringat bahwa waktu sholat ashar hampir lewat, buruan yach..ijin mau memanfaatkan waktu sholat..
he..he..he efektive untuk ngingetin diri sendiri, ya toh..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan email anda didini